DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain design yg diproduksi memakaikan tips die-casting, yg berarti lewat sistem pelelehan logam dgn kata lain metal untuk lalu dituang dan dicetak bertimbal dengan tipe yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu
Bahan
Metal yang dipakai rata-rata merupakan zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal alias pot metal. Mainan yg umum memakekan prosedur die casting biasanya adalah mainan model dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun bisa diurus dengan manual ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dengan istilahnya, karena mereka dpt semacam keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun memperoleh harga ekonomi yang amat bagus kalo kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan pelengkap salary dari menekuni pekerjaan versi mini ini. Lebih-Lebih banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dengan mengerjakan jual-beli, aliran uang di pencaharian mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi bagus jual membeli maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini mampu menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu
Harga
Nilai juga amat beragam serta condong berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika tipe versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia minat yg 1 ini. Tapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur mampu menjadi amat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengusik kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuman kesenangan kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan tata cara apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

LihatTutupKomentar