DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain rupa yang diproduksi memakaikan pola die-casting, yang berarti menggunakan cara pelelehan logam alias logam buat lantas dituang serta dicetak setakar dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu
Bahan
Logam yg diperlukan biasanya yaitu zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg normal memakekan prosedur die casting umumnya merupakan mainan model dengan skala umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dapat dirancang dengan teknik ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlampau perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt serupa keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pd jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain nggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yang amat bagus kalo kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima komplemen penghidupan dari menekuni usaha versi mini ini. Lebih-Lebih banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari karier miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan menjalankan jual-beli, pertukaran uang di pencaharian mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli bagus jual pesan ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu
Harga
Harga juga amat bermacam-macam & cenderung menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika rupa miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia senang yang satu ini. Tetapi utk orang serupa saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur dpt berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengacaukan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hyn gemar kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

DIECAST MINIATUR MOBIL Puruk Cahu

LihatTutupKomentar