DIECAST MINIATUR MOBIL Rangkasbitung

DIECAST MINIATUR MOBIL Rangkasbitung

DIECAST MINIATUR MOBIL Rangkasbitung
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta denger dong merk yang pertama... karna anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias design yang diproduksi memakaikan teknik die-casting, yg bermakna memakai sistem pelelehan logam alias metal utk selanjutnya dituang & dicetak bertimbal dengan tipe yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rangkasbitung
Bahan
Metal yg dipakai kebanyakan yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang lazim memakekan sistem die casting kebanyakan adalah mainan rupa dengan skala contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun mampu diproses dengan kaidah ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dgn istilahnya, krn mereka mampu serupa keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak peduli bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain enggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yg amat bagus kalo kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima lebih penghidupan dari menekuni profesi versi mini ini. Malahan byk yg dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat dengan memperbuat jual-beli, rotasi uang di pekerjaan mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli positif jual belanja maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rangkasbitung

DIECAST MINIATUR MOBIL Rangkasbitung

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs diecast yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini dapat sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rangkasbitung
Harga
Nilai juga amat bervariasi dan menjurus berubah tinggi, bahkan sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo desain diecast tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rangkasbitung
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kesukaan yang satu ini. Tapi untuk orang seperti saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai miniatur dapat menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai alias dari hanya gemar kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rangkasbitung

DIECAST MINIATUR MOBIL Rangkasbitung

DIECAST MINIATUR MOBIL Rangkasbitung

LihatTutupKomentar