DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan denger dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain desain yang diproduksi menerapkan petunjuk die-casting, yg berarti menggunakan prosedur pelelehan metal alias logam utk setelah itu dituang dan dicetak setakar dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Bahan
Metal yg diperlukan lazimnya ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yang lazim menerapkan prosedur die casting rata-rata merupakan mainan design dengan ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun bisa dirancang dengan kaidah ini.

Di atas adalah sebutan ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted k'lo sudah terjerembab cinta pd rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain enggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi mempunyai value ekonomi yang amat bagus k'lo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima extra nafkah dari menekuni bisnis diecast ini. Bahkan banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dengan mengerjakan jual-beli, perputaran uang di penghidupan mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positive jual membeli ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs miniatur yang dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini dapat menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa serta cenderung berubah tinggi, bahkan amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo desain modeling tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling dpt menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai atau dari semata-mata gemar kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, serupa penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

LihatTutupKomentar