DIECAST MINIATUR MOBIL Rupit

DIECAST MINIATUR MOBIL Rupit

DIECAST MINIATUR MOBIL Rupit
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & denger dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain design yang diproduksi menggunakan petunjuk die-casting, yang berarti memakai sistem pelelehan metal dengan kata lain metal untuk selanjutnya dituang serta dicetak sebati dengan model yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rupit
Bahan
Logam yg diperlukan rata-rata ialah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang umum menggunakan arahan die casting kebanyakan adalah mainan rupa dengan skala perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun sanggup diproduksi dgn panduan ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat serupa keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pd jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak concern bila diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), namun mendapatkan harga ekonomi yg amat bagus k'lo kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan tambahan penghasilan dari menekuni bisnis modeling ini. Sampai-Sampai byk yang bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat & memperbuat jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual pesan ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rupit

DIECAST MINIATUR MOBIL Rupit

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dpt menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rupit
Harga
Nilai juga amat beragam dengan menjurus menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo jenis modeling tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rupit
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yang 1 ini. Tapi untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dapat menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hanya hobi kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan manual apa kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rupit

DIECAST MINIATUR MOBIL Rupit

DIECAST MINIATUR MOBIL Rupit

LihatTutupKomentar