DIECAST MINIATUR MOBIL Sawerigadi

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawerigadi

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawerigadi
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain tipe yg diproduksi menggunakan aneka tips die-casting, yang berarti menggunakan metode pelelehan metal alias metal bagi lantas dituang & dicetak setakar dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawerigadi
Bahan
Logam yang dipake rata-rata ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg lazim memakekan aneka tips die casting biasanya ialah mainan desain dengan ukuran perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun dpt diciptakan dengan arahan ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dgn istilahnya, sebab mereka bisa semacam keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mempunyai price ekonomi yang sangat bagus kalau kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima komplemen income dari menekuni profesi modeling ini. Malahan byk yg dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat serta menjalankan jual-beli, sirkulasi uang di pekerjaan mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi positif jual beli ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawerigadi

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawerigadi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs versi mini yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dapat menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawerigadi
Harga
Value juga sangat bervariasi dengan mengarah menjadi tinggi, bahkan amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau model versi mini tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawerigadi
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Namun bagi orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling mampu menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hyn demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, semacam saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawerigadi

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawerigadi

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawerigadi

LihatTutupKomentar