DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan denger dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau model yg diproduksi memakekan langkah die-casting, yg bermakna menggunakan operasi pelelehan metal alias metal bagi lantas dituang serta dicetak sebati dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling
Bahan
Logam yang dipegunakan lazimnya yaitu zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yg lumrah menggunakan manual die casting rata-rata merupakan mainan model dgn skala umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun bisa diproses dgn panduan ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak care jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yang amat bagus kalau kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh ekstra penghidupan dari menekuni penghidupan versi mini ini. Sampai-Sampai banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari karier diecast ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat beserta memperbuat jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs versi mini yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini bisa sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling
Harga
Price juga amat beragam dengan berat berubah tinggi, bahkan sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo design diecast tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tapi bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling dpt menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak usah merecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai alias dari sekadar demen kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

LihatTutupKomentar