DIECAST MINIATUR MOBIL Soppeng

DIECAST MINIATUR MOBIL Soppeng

DIECAST MINIATUR MOBIL Soppeng
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & denger dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain tipe yg diproduksi memakaikan pola die-casting, yg bermakna melalui teknik pelelehan metal alias metal utk kemudian dituang serta dicetak pantas dgn rupa yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soppeng
Bahan
Logam yang dipake rata-rata merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yg regular menggunakan petunjuk die casting biasanya merupakan mainan jenis dgn size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun dpt diproses dgn tips-tips ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak concern bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias nggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi mendapatkan price ekonomi yg sangat bagus jika kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima tambahan mata pencaharian dari menekuni penghidupan modeling ini. Malahan byk yg dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat & menjalani jual-beli, liquiditas uang di pencaharian mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi baik jual beli ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soppeng

DIECAST MINIATUR MOBIL Soppeng

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soppeng
Harga
Price juga amat berupa-rupa bersama cenderung menjelma tinggi, malahan sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo model diecast tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soppeng
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia doyan yang 1 ini. Namun bakal orang serupa saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast dpt menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuma kesenangan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan tata cara apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soppeng

DIECAST MINIATUR MOBIL Soppeng

DIECAST MINIATUR MOBIL Soppeng

LihatTutupKomentar