DIECAST MINIATUR MOBIL Sragen

DIECAST MINIATUR MOBIL Sragen

DIECAST MINIATUR MOBIL Sragen
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan denger dong merk yang pertama... karena anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau model yg diproduksi menerapkan cara die-casting, yg bermakna memakai cara pelelehan metal alias logam bagi sesudahnya dituang beserta dicetak serasi dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sragen
Bahan
Logam yg dipegunakan biasanya yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yang normal menggunakan pola die casting biasanya yakni mainan jenis dgn skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun dapat dirancang dgn tips ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dengan istilahnya, karna mereka dapat semacam keracunan / addicted kalo udah tersandung cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun memperoleh harga ekonomi yg amat bagus bila kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan ekstra nafkah dari menekuni penghidupan miniatur ini. Sampai-Sampai byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, pergantian uang di profesi mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi positive jual beli maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sragen

DIECAST MINIATUR MOBIL Sragen

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs versi mini yg dilelang, aliran uang yang terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sragen
Harga
Harga juga sangat beragam dengan mengarah berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo desain modeling tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sragen
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia minat yang 1 ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai versi mini sanggup menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu merecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuman doyan kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, seperti saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sragen

DIECAST MINIATUR MOBIL Sragen

DIECAST MINIATUR MOBIL Sragen

LihatTutupKomentar