DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & dengar dong merk yang pertama... karena anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau design yang diproduksi memakaikan tata cara die-casting, yang berarti lewat operasi pelelehan metal alias metal bagi setelah itu dituang dan dicetak sebati dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Bahan
Metal yang dipakai biasanya yakni zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang biasa menggunakan aneka tips die casting umumnya yakni mainan tipe dgn ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun sanggup dirancang dgn prosedur ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa semacam keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli kalo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi memiliki value ekonomi yg sangat bagus k'lo kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan pelengkap nafkah dari menekuni penghidupan miniatur ini. Terlebih byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat bersama menjalani jual-beli, peredaran uang di profesi mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli baik jual belanja maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs diecast yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini dpt mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Harga
Price juga amat bermacam-macam serta menjurus menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika tipe miniatur tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia demen yang 1 ini. Tapi bagi orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini sanggup menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengacaukan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuman suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan cara apa kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

LihatTutupKomentar