DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain jenis yang diproduksi menggunakan bimbingan die-casting, yg bermakna melalui prosedur pelelehan metal alias metal bagi kemudian dituang beserta dicetak setakar dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar
Bahan
Logam yg dipegunakan lazimnya yakni zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg lumrah memakaikan program die casting kebanyakan yakni mainan jenis dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun dapat diproduksi dgn bimbingan ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa seperti keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak concern k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias enggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus bila kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima extra income dari menekuni bisnis miniatur ini. Terlebih banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat dan melakukan jual-beli, sirkulasi uang di bisnis mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi positive jual membeli ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yang dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini mampu sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar
Harga
Price juga amat beragam dan cenderung menjelma tinggi, bahkan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila tipe versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia hobi yang satu ini. Namun bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini bisa berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak pake merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari semata-mata doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa Besar

LihatTutupKomentar