DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau design yang diproduksi menggunakan tips die-casting, yang berarti lewat sistem pelelehan metal atau metal buat selanjutnya dituang & dicetak serasi dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa
Bahan
Metal yg digunakan rata-rata merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg umum menerapkan bimbingan die casting biasanya yakni mainan design dgn ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun mampu diciptakan dgn sistem ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt serupa keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care kalau modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain tidak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memiliki price ekonomi yang amat bagus k'lo kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima komplemen upah dari menekuni usaha miniatur ini. Sampai-Sampai byk yang mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat dengan mengerjakan jual-beli, sirkulasi uang di usaha mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yg dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa bersama menjurus berubah tinggi, malahan sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika rupa diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia gemar yang satu ini. Tapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast mampu menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake mengganggu kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuman kesukaan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumbawa

LihatTutupKomentar