DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta dengar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain jenis yg diproduksi menerapkan arahan die-casting, yang berarti lewat teknik pelelehan logam dgn kata lain logam bakal lantas dituang beserta dicetak sinkron dengan rupa yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong
Bahan
Metal yg dipake lazimnya adalah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg biasa menerapkan strategi die casting lazimnya merupakan mainan design dgn size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun sanggup diproses dengan prosedur ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat seperti keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pd jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli jika versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yang sangat bagus kalo kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan extra penghidupan dari menekuni penghidupan versi mini ini. Terlebih byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni cukup dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, hingga dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi bagus jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs diecast yang dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini dapat mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong
Harga
Value juga amat beragam dan miring menjadi tinggi, malahan sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau model miniatur tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tetapi bagi orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai modeling dapat menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake menyusahkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuma senang kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, semacam saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

LihatTutupKomentar