DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan denger dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau model yg diproduksi menerapkan teknik die-casting, yang berarti melalui cara pelelehan metal dengan kata lain logam untuk lalu dituang serta dicetak pantas dgn rupa yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Bahan
Metal yg dipake rata-rata yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular menerapkan cara die casting biasanya ialah mainan tipe dengan ukuran misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun sanggup diciptakan dgn langkah ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt serupa keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pada desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak concern kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh price ekonomi yang amat bagus bila kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan extra upah dari menekuni pencaharian versi mini ini. Terlebih banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari usaha diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa hobi mainan ini, hingga dengan terlibat dan memperbuat jual-beli, pertukaran uang di pencaharian mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi baik jual beli maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs diecast yang dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini dpt menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Harga
Value juga amat beragam beserta menjurus berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila rupa versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesukaan yg 1 ini. Tapi untuk orang semacam saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai miniatur sanggup menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa menyusahkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai atau dari semata-mata demen kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan tips-tips apa kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

LihatTutupKomentar