DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yg pertama... karena anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain jenis yg diproduksi menggunakan aneka tips die-casting, yg bermakna menggunakan teknik pelelehan logam dengan kata lain logam bakal lantas dituang & dicetak pantas dengan tipe yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar
Bahan
Metal yg digunakan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yang lumrah menerapkan manual die casting kebanyakan ialah mainan rupa dgn skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun bisa dikerjakan dgn cara ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa semacam keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak peduli bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain tidak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi mendapatkan price ekonomi yg amat bagus kalo kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh ekstra pendapatan dari menekuni karier versi mini ini. Lebih-Lebih byk yg bisa menghidupi keluarganya murni sekadar dari usaha versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat serta menjalankan jual-beli, liquiditas uang di bisnis mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli baik jual pesan maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs diecast yg dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini dapat mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar
Harga
Nilai juga amat beragam bersama condong berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo rupa versi mini tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia minat yang 1 ini. Namun untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai miniatur mampu berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah mengganggu kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai alias dari hanya kegemaran kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

LihatTutupKomentar