DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama denger dong merk yang pertama... krn anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau tipe yang diproduksi memakaikan tata cara die-casting, yg berarti lewat metode pelelehan metal alias logam untuk setelah itu dituang bersama dicetak sebati dengan model yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Bahan
Metal yg diperlukan rata-rata merupakan zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yang standar memakekan pola die casting lazimnya adalah mainan design dengan size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun sanggup dirancang dengan petunjuk ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa seperti keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus kalo kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan lebih mata pencaharian dari menekuni karier miniatur ini. Malahan byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari karier miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat dengan menjalani jual-beli, perpindahan uang di penghidupan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positive jual membeli maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini mampu sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Harga
Value juga sangat bervariasi dengan miring menjadi tinggi, malahan sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo rupa modeling tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia minat yg 1 ini. Namun untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur dpt berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa pakai menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman suka kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

DIECAST MINIATUR MOBIL Tambak Sarioso

LihatTutupKomentar