DIECAST MINIATUR MOBIL Tarakan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarakan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarakan
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau desain yg diproduksi memakaikan cara die-casting, yg berarti melalui sistem pelelehan logam dgn kata lain logam bagi selanjutnya dituang beserta dicetak sebati dgn rupa yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarakan
Bahan
Metal yang diperlukan rata-rata yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg jamak memakaikan cara die casting lazimnya merupakan mainan jenis dgn ukuran misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dapat dirancang dgn arahan ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat seperti keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pd jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care kalau modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain nggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yg amat bagus kalau kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan pelengkap mata pencaharian dari menekuni karier miniatur ini. Sampai-Sampai byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari bisnis modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu hobi mainan ini, hingga dgn terlibat & menjalankan jual-beli, liquiditas uang di penghidupan mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual membeli maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarakan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarakan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs miniatur yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini bisa mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarakan
Harga
Nilai juga amat bermacam-macam bersama cenderung berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo desain diecast tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarakan
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kesukaan yang satu ini. Tapi buat orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini mampu menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak usah mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuma kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, serupa saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarakan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarakan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarakan

LihatTutupKomentar