DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian atau supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau design yang diproduksi memakaikan teknik die-casting, yg bermakna memakai cara pelelehan metal atau logam untuk lalu dituang beserta dicetak sesuai dengan model yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Bahan
Metal yg digunakan kebanyakan merupakan zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang jamak memakaikan cara die casting kebanyakan merupakan mainan jenis dengan skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun sanggup diciptakan dgn strategi ini.

Di atas adalah sebutan ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dengan istilahnya, krn mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak concern jika modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yg sangat bagus k'lo kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan extra income dari menekuni pekerjaan versi mini ini. Malahan banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat bersama menjalani jual-beli, pertukaran uang di usaha mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi positif jual berbelanja maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs diecast yg dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Harga
Harga juga amat bervariasi beserta cenderung menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau design diecast tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia suka yang 1 ini. Tetapi untuk orang seperti saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling bisa menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa memprovokasi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

LihatTutupKomentar