DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan dengar dong merk yang pertama... krn anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau jenis yg diproduksi menerapkan program die-casting, yang berarti memakai metode pelelehan logam atau metal untuk sesudahnya dituang & dicetak setakar dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Bahan
Metal yg digunakan lazimnya yaitu zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg normal menggunakan tata cara die casting lazimnya yakni mainan desain dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun sanggup dibuat dengan tips-tips ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dgn istilahnya, karna mereka dapat serupa keracunan / addicted k'lo sudah terjerembab cinta pada model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care k'lo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tapi memiliki value ekonomi yg amat bagus bila kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan extra pendapatan dari menekuni karier diecast ini. Lebih-Lebih banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni sekadar dari karier miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat bersama mengerjakan jual-beli, rotasi uang di pencaharian mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positif jual membeli ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa beserta miring menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo desain miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia gemar yang satu ini. Tapi untuk orang semacam saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling dapat menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah merecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hanya doyan kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, serupa saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

LihatTutupKomentar