DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan denger dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain design yg diproduksi memakekan program die-casting, yang berarti lewat operasi pelelehan metal atau metal bagi selanjutnya dituang serta dicetak bertimbal dengan model yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Bahan
Metal yg diperlukan rata-rata yaitu zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang standar memakekan teknik die casting kebanyakan yakni mainan desain dengan size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun mampu dirancang dengan arahan ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat serupa keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak care jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai nilai ekonomi yg sangat bagus bila kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan tambahan pendapatan dari menekuni karier versi mini ini. Lebih-Lebih banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuma dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melakukan jual-beli, perputaran uang di profesi mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli bagus jual pesan ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yg dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini sanggup menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam serta cenderung menjadi tinggi, bahkan amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika rupa diecast tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia suka yang satu ini. Namun bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur dapat menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengusik kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuma gemar kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tigaraksa

LihatTutupKomentar