DIECAST MINIATUR MOBIL Tolikara

DIECAST MINIATUR MOBIL Tolikara

DIECAST MINIATUR MOBIL Tolikara
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama mendegar dong merk yg pertama... krn anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau rupa yang diproduksi memakaikan panduan die-casting, yang bermakna lewat sistem pelelehan logam alias logam bagi lantas dituang dan dicetak serasi dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tolikara
Bahan
Metal yg diperlukan rata-rata yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yg standar menggunakan aturan die casting umumnya adalah mainan tipe dengan size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun bisa dibuat dengan tata cara ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dgn istilahnya, sebab mereka mampu seperti keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pd jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias nggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memperoleh nilai ekonomi yg sangat bagus bila kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan lebih upah dari menekuni profesi diecast ini. Bahkan banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat dengan memperbuat jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual membeli ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tolikara

DIECAST MINIATUR MOBIL Tolikara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini sanggup sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tolikara
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa beserta condong berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo rupa diecast tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tolikara
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia gemar yang satu ini. Tetapi bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur mampu berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn minus menggerecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tolikara

DIECAST MINIATUR MOBIL Tolikara

DIECAST MINIATUR MOBIL Tolikara

LihatTutupKomentar