DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman atau supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau model yang diproduksi menggunakan bimbingan die-casting, yg berarti menggunakan metode pelelehan logam dgn kata lain logam untuk lantas dituang dengan dicetak serasi dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual
Bahan
Metal yang dipegunakan umumnya adalah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yang lumrah memakekan langkah die casting rata-rata adalah mainan rupa dengan size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun dpt diproses dengan kaidah ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dengan istilahnya, krn mereka mampu semacam keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi memperoleh nilai ekonomi yang sangat bagus jika kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan lebih gaji dari menekuni karier modeling ini. Lebih-Lebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dan mengerjakan jual-beli, perpindahan uang di pencaharian mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli baik jual membeli maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs versi mini yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual
Harga
Price juga sangat bervariasi beserta menjurus menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila design miniatur tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yang satu ini. Tetapi utk orang semacam saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling dpt berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak pake menghalangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari hanya hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

LihatTutupKomentar