DIECAST MINIATUR MOBIL Wonorejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonorejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonorejo
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta denger dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau jenis yg diproduksi memakekan cara die-casting, yang berarti menggunakan operasi pelelehan metal dgn kata lain logam buat sesudahnya dituang serta dicetak sinkron dgn model yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonorejo
Bahan
Logam yg dipakai biasanya adalah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg standar memakaikan sistem die casting lazimnya merupakan mainan design dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun sanggup diproduksi dgn teknik ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt serupa keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak concern kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun memiliki nilai ekonomi yang sangat bagus jika kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan lbh upah dari menekuni pekerjaan diecast ini. Terlebih byk yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat & menjalankan jual-beli, perpindahan uang di karier mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonorejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonorejo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yang dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonorejo
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa serta mengarah berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika design versi mini tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonorejo
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia suka yang 1 ini. Namun untuk orang semacam saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling mampu berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengaduhkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hyn minat kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonorejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonorejo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonorejo

LihatTutupKomentar