DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yang pertama... karena anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain design yang diproduksi menggunakan proses die-casting, yang berarti lewat teknik pelelehan metal dgn kata lain logam buat selanjutnya dituang beserta dicetak pantas dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Bahan
Metal yg dipake kebanyakan adalah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg regular memakaikan pola die casting biasanya adalah mainan model dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dapat dikerjakan dengan teknik ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalo udah tersandung cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care kalau modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memiliki harga ekonomi yang sangat bagus kalo kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan lebih penghidupan dari menekuni bisnis miniatur ini. Lebih-Lebih byk yang bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat & mengerjakan jual-beli, pergantian uang di pekerjaan mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan transaksi positif jual pesan ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Harga
Nilai juga amat bermacam-macam bersama menjurus menjadi tinggi, malahan amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika desain diecast tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia doyan yang satu ini. Namun bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dpt menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hanya demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, sebagaimana penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

LihatTutupKomentar