DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan denger dong merk yg pertama... krn anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau design yang diproduksi memakekan kaidah die-casting, yang bermakna memakai metode pelelehan metal dgn kata lain metal buat sesudahnya dituang beserta dicetak serasi dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo
Bahan
Logam yang dipake rata-rata yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yang normal menerapkan langkah die casting lazimnya yaitu mainan tipe dengan skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun mampu dirancang dengan tips ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat serupa keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak peduli bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi mendapatkan price ekonomi yg amat bagus bila kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima komplemen penghasilan dari menekuni pencaharian versi mini ini. Terlebih banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat serta melaksanakan jual-beli, aliran uang di penghidupan mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli bagus jual beli maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini bisa sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo
Harga
Nilai juga sangat beragam serta cenderung berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo desain versi mini tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia suka yg 1 ini. Tetapi buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai diecast dpt menjelma sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa menghalangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuman demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, serupa penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

DIECAST MINIATUR MOBIL Yahukimo

LihatTutupKomentar