DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Tengah
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi menerapkan teknik die-casting, yg bermakna lewat proses pelelehan metal dgn kata lain metal bakal setelah itu dituang dengan dicetak bertimbal dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Tengah
Bahan
Metal yg dipakai rata-rata adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yang lazim menggunakan teknik die casting lazimnya ialah mainan jenis dengan ukuran misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun dapat dirancang dengan sistem ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa semacam keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak peduli kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun memiliki value ekonomi yg amat bagus kalo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima tambahan upah dari menekuni penghidupan versi mini ini. Bahkan banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, sampai dgn terlibat & mengerjakan jual-beli, perpindahan uang di bisnis mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli bagus jual berbelanja maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Tengah

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yg dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini sanggup sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Tengah
Harga
Price juga sangat bervariasi dan cenderung berubah tinggi, terlebih amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau design diecast tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Tengah
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia gemar yg 1 ini. Tapi bagi orang semacam saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai modeling dpt menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengacaukan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Tengah

LihatTutupKomentar