DIECAST MINIATUR MOBIL Andolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Andolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Andolo
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau serta denger dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain design yg diproduksi menggunakan strategi die-casting, yg berarti memakai proses pelelehan metal atau logam untuk lantas dituang dan dicetak setakar dengan rupa yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Andolo
Bahan
Metal yg diperlukan lazimnya ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang lumrah menerapkan strategi die casting biasanya yakni mainan jenis dengan skala umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun mampu dikerjakan dengan aneka tips ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak peduli kalau modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun mempunyai nilai ekonomi yg amat bagus kalau kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh lbh salary dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Malahan banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari usaha diecast ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat serta memperbuat jual-beli, pergantian uang di pekerjaan mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Andolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Andolo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs miniatur yang dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini dapat menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Andolo
Harga
Value juga sangat bermacam-macam dan mengarah berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila design modeling tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Andolo
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tetapi untuk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur sanggup menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak usah merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman demen kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Andolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Andolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Andolo

LihatTutupKomentar