DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias desain yg diproduksi menggunakan proses die-casting, yang berarti memakai proses pelelehan logam dgn kata lain logam bakal selanjutnya dituang bersama dicetak serasi dgn tipe yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan
Bahan
Metal yang digunakan biasanya yakni zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yg regular menggunakan sistem die casting biasanya adalah mainan design dengan ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun mampu dikerjakan dgn manual ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup seperti keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pd model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak peduli jika modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), namun memiliki price ekonomi yang sangat bagus jika kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima tambahan honor dari menekuni bisnis versi mini ini. Lebih-Lebih byk yang dapat menghidupi keluarganya murni sekadar dari usaha miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat bersama melakukan jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positive jual belanja maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa dan menjurus menjelma tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo jenis miniatur tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Tapi untuk orang seperti saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur dapat berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuma gemar kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, semacam saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

LihatTutupKomentar