DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi memakaikan panduan die-casting, yg berarti menggunakan sistem pelelehan metal atau metal buat selanjutnya dituang & dicetak pantas dgn tipe yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu
Bahan
Metal yg diperlukan rata-rata merupakan zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yg lazim menerapkan prosedur die casting lazimnya yakni mainan desain dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun dapat diciptakan dgn prosedur ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pada model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh price ekonomi yg sangat bagus kalau kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh komplemen nafkah dari menekuni penghidupan versi mini ini. Terlebih banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari profesi modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat & memperbuat jual-beli, pergantian uang di karier mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli bagus jual beli ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yang dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini mampu sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu
Harga
Nilai juga amat bervariasi dengan mengarah berubah tinggi, bahkan amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo tipe versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia suka yang 1 ini. Tetapi untuk orang semacam saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini bisa menjadi amat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai menyusahkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai alias dari semata-mata demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, seperti penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

LihatTutupKomentar