DIECAST MINIATUR MOBIL Bone

DIECAST MINIATUR MOBIL Bone

DIECAST MINIATUR MOBIL Bone
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 pria selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi menerapkan metode die-casting, yang berarti memakai sistem pelelehan metal atau metal utk lalu dituang & dicetak bertimbal dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bone
Bahan
Logam yg dipakai kebanyakan adalah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yg jamak menerapkan pola die casting biasanya merupakan mainan design dengan skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun dpt diciptakan dgn aturan ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt serupa keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak care kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh harga ekonomi yang amat bagus kalo kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima tambahan gaji dari menekuni usaha diecast ini. Lebih-Lebih byk yang mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari profesi miniatur ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, hingga dengan terlibat bersama melaksanakan jual-beli, pergantian uang di pencaharian mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan transaksi baik jual beli maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bone

DIECAST MINIATUR MOBIL Bone

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini bisa menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bone
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa beserta miring menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa versi mini tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bone
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia doyan yang 1 ini. Namun utk orang seperti saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini bisa menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengacaukan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn doyan kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, seperti saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bone

DIECAST MINIATUR MOBIL Bone

DIECAST MINIATUR MOBIL Bone

LihatTutupKomentar