DIECAST MINIATUR MOBIL Bulak

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulak

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulak
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta dengar dong merk yang pertama... krn anak2 pria selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat hunian atau supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias design yg diproduksi memakekan teknik die-casting, yang berarti menggunakan operasi pelelehan logam dengan kata lain metal buat lantas dituang dan dicetak pantas dgn rupa yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulak
Bahan
Metal yg diperlukan lazimnya yaitu zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yang umum menerapkan tips die casting biasanya adalah mainan jenis dengan skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun bisa diproses dgn prosedur ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlampau perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pada design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak care bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), namun mendapatkan price ekonomi yg amat bagus bila kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh extra gaji dari menekuni usaha modeling ini. Sampai-Sampai banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dengan menjalankan jual-beli, perpindahan uang di penghidupan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli positif jual pesan maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulak

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulak

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulak
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa dengan menjurus menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila jenis versi mini tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulak
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia minat yg satu ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai modeling dpt menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn minus merintangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata gemar kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan bimbingan apa kita mau menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulak

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulak

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulak

LihatTutupKomentar