DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama denger dong merk yg pertama... krn anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain design yg diproduksi menggunakan cara die-casting, yang berarti memakai operasi pelelehan logam dgn kata lain logam utk selanjutnya dituang serta dicetak pantas dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis
Bahan
Metal yg dipegunakan rata-rata adalah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg jamak menggunakan tata cara die casting rata-rata merupakan mainan model dengan size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun dapat diproses dengan pola ini.

Di atas adalah sebutan ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt semacam keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care bila versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mendapatkan nilai ekonomi yang amat bagus jika kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima pelengkap honor dari menekuni pekerjaan modeling ini. Malahan banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, sampai dengan terlibat bersama menjalani jual-beli, liquiditas uang di pencaharian mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual belanja ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs miniatur yang dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam & miring menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design miniatur tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia suka yang 1 ini. Tetapi utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai miniatur dapat menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa mengganggu kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hyn minat kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan cara apa kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

LihatTutupKomentar