DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & denger dong merk yang pertama... karena anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat permukiman atau supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi menggunakan manual die-casting, yg berarti melalui proses pelelehan metal alias logam untuk sesudahnya dituang bersama dicetak sebati dengan jenis yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis
Bahan
Logam yang digunakan kebanyakan adalah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg jamak menggunakan sistem die casting umumnya merupakan mainan tipe dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun mampu diproses dengan aneka tips ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pada model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak peduli kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias enggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mempunyai price ekonomi yang amat bagus kalau kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan lebih penghidupan dari menekuni usaha diecast ini. Bahkan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni hyn dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat & melaksanakan jual-beli, aliran uang di profesi mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi bagus jual beli maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dpt mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis
Harga
Harga juga amat berupa-rupa dengan condong menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau model diecast tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Tetapi buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur dapat menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah mengaduhkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kans dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuman senang kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, serupa saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

DIECAST MINIATUR MOBIL Ciamis

LihatTutupKomentar