DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias tipe yang diproduksi menggunakan panduan die-casting, yg berarti menggunakan metode pelelehan logam dgn kata lain metal untuk lalu dituang dengan dicetak serasi dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Bahan
Metal yg digunakan biasanya adalah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg lazim memakekan petunjuk die casting lazimnya yaitu mainan design dgn size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dpt dibuat dengan arahan ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak banget perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa seperti keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd jenis tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak care bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain enggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yg amat bagus bila kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan extra gaji dari menekuni usaha versi mini ini. Lebih-Lebih banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari penghidupan diecast ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat dan memperbuat jual-beli, pergantian uang di profesi mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini sanggup menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Harga
Harga juga amat berupa-rupa dengan miring menjadi tinggi, bahkan amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila rupa versi mini tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia doyan yg satu ini. Tapi utk orang seperti saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dapat menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak usah merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuma kesenangan kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

LihatTutupKomentar