DIECAST MINIATUR MOBIL Curup

DIECAST MINIATUR MOBIL Curup

DIECAST MINIATUR MOBIL Curup
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan denger dong merk yg pertama... karna anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain model yang diproduksi memakekan tips-tips die-casting, yg berarti lewat operasi pelelehan logam dgn kata lain logam bakal lantas dituang serta dicetak bertimbal dgn model yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Curup
Bahan
Metal yang dipegunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang umum memakaikan metode die casting lazimnya yakni mainan model dgn size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun sanggup diproses dgn cara ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup serupa keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pada desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak care kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus jika kita mampu jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh pelengkap honor dari menekuni bisnis miniatur ini. Lebih-Lebih byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat serta menjalankan jual-beli, perpindahan uang di profesi mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Curup

DIECAST MINIATUR MOBIL Curup

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs versi mini yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Curup
Harga
Value juga sangat bermacam-macam & mengarah menjadi tinggi, sampai-sampai amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo design miniatur tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Curup
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia senang yang satu ini. Tetapi bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur sanggup berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu dpt kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengacaukan kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari semata-mata gemar kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan panduan apa kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, seperti saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Curup

DIECAST MINIATUR MOBIL Curup

DIECAST MINIATUR MOBIL Curup

LihatTutupKomentar