DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau tipe yg diproduksi menggunakan strategi die-casting, yg berarti lewat teknik pelelehan metal alias logam utk kemudian dituang & dicetak setakar dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai
Bahan
Metal yang diperlukan umumnya adalah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg umum memakekan tips-tips die casting rata-rata ialah mainan design dengan size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dpt dibuat dgn panduan ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, krn mereka dpt semacam keracunan / addicted kalo udah terjerembab cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dengan kata lain enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mendapatkan price ekonomi yang amat bagus k'lo kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh lebih nafkah dari menekuni usaha modeling ini. Terlebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat & menjalani jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positif jual belanja ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs modeling yang dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa & condong menjelma tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila desain miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesukaan yang 1 ini. Tetapi utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dapat menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar kesukaan kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

LihatTutupKomentar