DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain design yg diproduksi menerapkan aturan die-casting, yg berarti lewat prosedur pelelehan logam alias logam bagi kemudian dituang beserta dicetak setakar dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin
Bahan
Logam yg digunakan umumnya ialah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yang biasa memakaikan cara die casting lazimnya merupakan mainan tipe dgn skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun dpt dibuat dgn kaidah ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dgn istilahnya, karena mereka mampu seperti keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak peduli jika modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain nggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun mendapatkan value ekonomi yang amat bagus bila kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan tambahan gaji dari menekuni karier diecast ini. Sampai-Sampai banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu hobi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, liquiditas uang di usaha mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yang dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini dapat mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa dan cenderung berubah tinggi, terlebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika model modeling tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi utk orang serupa saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dpt menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus menghalangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuma suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

LihatTutupKomentar