DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Sari

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Sari

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Sari
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain tipe yg diproduksi menerapkan cara die-casting, yang bermakna memakai sistem pelelehan logam dgn kata lain logam untuk kemudian dituang & dicetak setakar dgn rupa yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Sari
Bahan
Metal yang dipake rata-rata adalah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yg regular menggunakan strategi die casting biasanya ialah mainan design dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun sanggup diurus dengan aneka tips ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak amat perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup serupa keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pada design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak peduli kalo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yang amat bagus bila kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima extra gaji dari menekuni usaha versi mini ini. Sampai-Sampai banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat serta melaksanakan jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual pesan ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Sari

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Sari

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini sanggup menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Sari
Harga
Value juga sangat beragam bersama cenderung menjelma tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila rupa diecast tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Sari
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia hobi yg satu ini. Tapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai miniatur bisa berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus mengaduhkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuma suka kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, serupa saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Sari

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Sari

DIECAST MINIATUR MOBIL Gunung Sari

LihatTutupKomentar