DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan denger dong merk yang pertama... karna anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau jenis yg diproduksi memakekan tata cara die-casting, yg bermakna lewat metode pelelehan logam dgn kata lain logam buat kemudian dituang beserta dicetak serasi dengan rupa yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah
Bahan
Metal yg dipakai rata-rata adalah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg normal menggunakan kaidah die casting umumnya merupakan mainan desain dgn skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun mampu diproses dgn aneka tips ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt seperti keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pd design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak peduli kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh value ekonomi yang sangat bagus jika kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima komplemen gaji dari menekuni profesi modeling ini. Malahan byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat serta menjalankan jual-beli, perpindahan uang di penghidupan mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual pesan maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs miniatur yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah
Harga
Price juga sangat bervariasi & cenderung berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesenangan yang satu ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai modeling dapat menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hyn senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

LihatTutupKomentar