DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain jenis yang diproduksi memakekan cara die-casting, yang berarti lewat proses pelelehan metal alias logam utk kemudian dituang beserta dicetak sebati dgn jenis yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah
Bahan
Metal yg digunakan lazimnya adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang lumrah memakekan prosedur die casting lazimnya yakni mainan desain dengan skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun dpt dikerjakan dengan cara ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak care jika miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias tidak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi mempunyai value ekonomi yang sangat bagus jika kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima ekstra penghidupan dari menekuni bisnis diecast ini. Lebih-Lebih byk yg bisa menghidupi keluarganya murni hyn dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat & memperbuat jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positive jual pesan ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yg dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah
Harga
Value juga amat berupa-rupa dengan menjurus menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila model miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia hobi yg 1 ini. Tetapi bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai modeling sanggup berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuma senang kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Tengah

LihatTutupKomentar