DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain rupa yg diproduksi memakaikan petunjuk die-casting, yang bermakna menggunakan operasi pelelehan metal alias metal untuk selanjutnya dituang bersama dicetak bertimbal dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Bahan
Metal yang digunakan lazimnya yakni zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yang lumrah menerapkan petunjuk die casting umumnya merupakan mainan model dengan size ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun dpt diproduksi dgn proses ini.

Di atas adalah sebutan ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt serupa keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tetapi memiliki price ekonomi yang amat bagus k'lo kita sanggup jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima pelengkap penghasilan dari menekuni profesi miniatur ini. Lebih-Lebih banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan memperbuat jual-beli, rotasi uang di bisnis mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli positif jual belanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yang dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam & condong menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila rupa diecast tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Tapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur mampu menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn kesenangan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan petunjuk apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

LihatTutupKomentar