DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu


DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & dengar dong merk yang pertama... karena anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain tipe yg diproduksi memakekan program die-casting, yg berarti melalui operasi pelelehan logam alias metal bagi sesudahnya dituang beserta dicetak pantas dengan tipe yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu
Bahan
Metal yang dipakai biasanya merupakan zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yang jamak memakekan strategi die casting umumnya yaitu mainan model dengan size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun dapat dirancang dgn arahan ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt semacam keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak peduli kalau miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yang amat bagus jika kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan pelengkap honor dari menekuni usaha diecast ini. Lebih-Lebih banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dan menjalankan jual-beli, pertukaran uang di bisnis mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi baik jual pesan ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yang dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu
Harga
Value juga sangat berupa-rupa serta menjurus berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo jenis versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Tapi untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur dapat menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake memprovokasi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari semata-mata kesenangan kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

LihatTutupKomentar