DIECAST MINIATUR MOBIL Kabanjahe

DIECAST MINIATUR MOBIL Kabanjahe

DIECAST MINIATUR MOBIL Kabanjahe
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau model yg diproduksi menggunakan teknik die-casting, yang berarti melalui teknik pelelehan metal alias logam bakal lantas dituang bersama dicetak setakar dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kabanjahe
Bahan
Logam yang dipake rata-rata adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang umum menggunakan langkah die casting kebanyakan yakni mainan jenis dengan size ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun mampu diproduksi dengan sistem ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted bila udah terjerembab cinta pd rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yg sangat bagus bila kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan komplemen nafkah dari menekuni profesi diecast ini. Malahan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari usaha modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu hobi mainan ini, hingga dengan terlibat dengan memperbuat jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi bagus jual belanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kabanjahe

DIECAST MINIATUR MOBIL Kabanjahe

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs versi mini yang dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini dpt sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kabanjahe
Harga
Nilai juga amat bervariasi & mengarah menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo design modeling tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kabanjahe
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia suka yang 1 ini. Namun bagi orang serupa saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai diecast dpt menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun minus menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuma doyan kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, seperti saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kabanjahe

DIECAST MINIATUR MOBIL Kabanjahe

DIECAST MINIATUR MOBIL Kabanjahe

LihatTutupKomentar