DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 pria selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain tipe yg diproduksi menerapkan pola die-casting, yg berarti lewat prosedur pelelehan logam atau metal utk selanjutnya dituang beserta dicetak setakar dgn model yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang
Bahan
Logam yang digunakan rata-rata yakni zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg regular menggunakan tata cara die casting kebanyakan merupakan mainan desain dgn size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun bisa diurus dgn tips-tips ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dengan istilahnya, krn mereka mampu semacam keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak concern k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun memperoleh harga ekonomi yg amat bagus kalo kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan extra income dari menekuni pencaharian modeling ini. Sampai-Sampai banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari penghidupan diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, hingga dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, liquiditas uang di penghidupan mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yg dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dapat mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang
Harga
Nilai juga amat bervariasi & mengarah menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau desain modeling tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yang 1 ini. Tetapi bagi orang serupa saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai versi mini bisa berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengganggu kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hyn senang kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, serupa penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

LihatTutupKomentar