DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan denger dong merk yg pertama... krn anak2 pria selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi memakekan petunjuk die-casting, yg berarti lewat sistem pelelehan logam atau metal bakal selanjutnya dituang & dicetak sebati dengan rupa yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang
Bahan
Logam yg diperlukan kebanyakan adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang umum menggunakan tips-tips die casting umumnya merupakan mainan jenis dgn ukuran perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun bisa diproduksi dengan tutorial ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt semacam keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dengan kata lain tidak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yang sangat bagus k'lo kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan komplemen penghasilan dari menekuni pencaharian modeling ini. Terlebih byk yg dpt menghidupi keluarganya murni semata-mata dari profesi modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual belanja maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yang dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini mampu mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam dan cenderung berubah tinggi, bahkan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo design diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia hobi yg satu ini. Namun buat orang serupa saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini mampu berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu memprovokasi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar suka kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Karawang

LihatTutupKomentar