DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yang pertama... karna anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain rupa yang diproduksi menerapkan langkah die-casting, yg bermakna menggunakan teknik pelelehan logam alias logam buat sesudahnya dituang beserta dicetak bertimbal dengan jenis yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Bahan
Logam yang dipakai rata-rata merupakan zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yang lazim menggunakan langkah die casting rata-rata merupakan mainan jenis dgn ukuran perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun sanggup diciptakan dgn sistem ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak betul-betul perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup seperti keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pd tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak peduli k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tidak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai price ekonomi yg amat bagus kalau kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan extra upah dari menekuni pekerjaan versi mini ini. Malahan banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni cukup dari profesi modeling ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat serta menjalankan jual-beli, sirkulasi uang di usaha mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi positif jual pesan maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yg dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini bisa mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam dengan miring berubah tinggi, terlebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau tipe versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia doyan yang satu ini. Namun buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai diecast sanggup menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman doyan kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, seperti saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

LihatTutupKomentar