DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain jenis yang diproduksi menggunakan sistem die-casting, yang bermakna lewat teknik pelelehan logam atau metal bagi selanjutnya dituang dan dicetak setakar dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam
Bahan
Logam yang diperlukan rata-rata yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal alias pot metal. Mainan yang umum menggunakan arahan die casting kebanyakan adalah mainan model dengan size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun bisa diciptakan dengan arahan ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt seperti keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias nggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mempunyai value ekonomi yg amat bagus k'lo kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh tambahan penghidupan dari menekuni pekerjaan diecast ini. Lebih-Lebih banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari usaha diecast ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat & melaksanakan jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi baik jual pesan maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini mampu sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam
Harga
Price juga amat bervariasi dan berat berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo desain diecast tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia senang yang 1 ini. Tetapi buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai modeling mampu menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak usah merintangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hanya gemar kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

DIECAST MINIATUR MOBIL Kenyam

LihatTutupKomentar