DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Seribu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Seribu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Seribu
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yg pertama... krn anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain design yg diproduksi menerapkan aneka tips die-casting, yang berarti melalui teknik pelelehan logam alias metal untuk lalu dituang & dicetak serasi dgn tipe yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Seribu
Bahan
Metal yg dipegunakan lazimnya merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yg jamak memakekan prosedur die casting umumnya ialah mainan jenis dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun bisa diurus dengan aturan ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup seperti keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pada model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak care kalau modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun memperoleh harga ekonomi yg sangat bagus k'lo kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan pelengkap salary dari menekuni bisnis versi mini ini. Lebih-Lebih byk yang dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier diecast ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat beserta menjalankan jual-beli, liquiditas uang di pencaharian mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli baik jual pesan maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Seribu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Seribu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini bisa mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Seribu
Harga
Harga juga amat bervariasi dan berat menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau model diecast tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Seribu
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia hobi yg satu ini. Tapi buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai miniatur dpt berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengacaukan kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar kesenangan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Seribu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Seribu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Seribu

LihatTutupKomentar