DIECAST MINIATUR MOBIL Keputran

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputran

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputran
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias tipe yang diproduksi memakekan metode die-casting, yg berarti melalui operasi pelelehan metal alias logam untuk lalu dituang serta dicetak sinkron dgn rupa yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputran
Bahan
Metal yang dipake umumnya adalah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yg standar menerapkan tips die casting rata-rata ialah mainan tipe dengan ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun bisa dibuat dengan langkah ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup semacam keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak concern bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun mendapatkan price ekonomi yang sangat bagus jika kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan ekstra penghasilan dari menekuni pencaharian miniatur ini. Lebih-Lebih banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari karier modeling ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat bersama menjalani jual-beli, perputaran uang di profesi mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi positive jual belanja ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputran

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputran

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs miniatur yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini bisa menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputran
Harga
Value juga sangat berupa-rupa & berat menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau tipe miniatur tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputran
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Namun buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling mampu menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hanya doyan kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputran

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputran

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputran

LihatTutupKomentar