DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias jenis yang diproduksi menerapkan aturan die-casting, yang berarti menggunakan metode pelelehan logam alias logam utk selanjutnya dituang dengan dicetak serasi dgn tipe yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian
Bahan
Metal yg dipakai lazimnya yaitu zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yg biasa menggunakan program die casting kebanyakan yakni mainan rupa dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun mampu diproduksi dengan aneka tips ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa seperti keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi mempunyai price ekonomi yang amat bagus kalo kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan tambahan income dari menekuni bisnis diecast ini. Sampai-Sampai banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta memperbuat jual-beli, rotasi uang di penghidupan mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual membeli ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam beserta condong berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika design versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia hobi yang satu ini. Tapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dapat menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuma minat kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan teknik apa kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

DIECAST MINIATUR MOBIL Kota Tebelian

LihatTutupKomentar